Minggu, 31 Oktober 2010

5 kiat mengatasi persoalan hidup

1. Siap. Maksudnya adalah siap dalam menghadapi yang cocok dengan keinginan dan siap menghadapi yang tidak cocok dengan keinginan. Semua manusia tentu punya keinginan dan cita-cita, tapi ALLAH SWTlah yang menentukan.

2. Ridho. Jika kita sudah siap menghadapi apapun yang akan terjadi, maka langkah selanjutnya adalah Ridho (rela) dengan kenyataan yang ada. Karena walaupun kita dongkol, kecewa dan sebagainya tetap saja kenyataan sudah terjadi dan tidak akan berubah.

3. Jangan Mempersulit Diri. Banyak di antara kita, termasuk saya, sering mengarang, mendramatisir dan mempersulit diri. Dengan mempersulit diri, persoalan yang kita hadapi akan semakin 'besar' dan kita semakin sengsara. Padahal sebenarnya persoalan tersebut hanya sepele. Contohnya orang yang akan menghadapi masa pensiun, ia sudah stress membayangkan kondisinya nanti, tunjangan hilang, penghasilan menurun dan sebagainya, terlebih lagi kalau sakit. Padahal banyak orang pensiun tapi tidak mengalami hal yang demikian

4. Evaluasi Diri. Dalam menghadapi persoalan, sebaiknya kita introspeksi diri, mungkin ada 'dosa' dari diri kita yang menyebabkan munculnya masalah. Karena dengan perenungan, kualitas hidup kita akan semakin baik.

5. Hanya Allah Satu-satunya Penolong. Semua tidak akan terjadi kecuali dengan ijin ALLAH SWT, baik itu musibah ataupun nikmat. Apapun usaha kita untuk menghindar, kalau ALLAH SWT menghendaki musibah tetap akan datang. Begitu pula seberat apapun usaha kita untuk mencapai, nikmat tidak akan datang kalau tidak diijinkan oleh ALLAH SWT. Jangan takut menghadapi masalah, tapi takutlah tidak mendapatkan pertolongan ALLAH SWT dalam menghadapinya.

Diambil dari buku:
5 KIAT MENGATASI PERSOALAN HIDUP
Pengarang: KH ABDULLAH GYMNASTIAR
Penerbit: MQ Publishing

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Laman

Entri Populer

Cari Blog Ini

mengenai blog ini

Puisi. Diberdayakan oleh Blogger.

Pengikut